TIPS AGAR FOKUS SELAMA MENGENDARAI MOBIL

TIPS AGAR FOKUS SELAMA MENGENDARAI MOBIL

Dalam mengendarai mobil, sudah jadi kewajiban setiap pengemudi untuk tetap fokus dengan keadaan jalan. Hal ini demi menjaga keamanan serta keselamatan dalam berkendara. Namun, selalu saja ada hal-hal yang bisa menghalangi seorang pengemudi untuk bisa fokus dengan jalan yang dilalui. Akibatnya, kecelakaan yang disebabkan oleh kurangnya fokus pengemudi terhadap kondisi jalan semakin meningkat. Agar hal itu tidak terjadi dengan Nissan Lovers, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan agar tetap fokus mengendarai mobil.

GUNAKAN PONSEL HANYA UNTUK SITUASI DARURAT
Selama mengemudi, jangan pernah memegang ponsel sekalipun. Ponsel dalam bentuk apapun, hanya boleh digunakan ketika sedang berada dalam keadaan darurat, misalnya ada kecelakaan atau sejenisnya. Meskipun Anda harus mengangkat telepon tertentu, Anda harus menepi dan berhenti. Mungkin Anda akan berpikir untuk menggunakan perangkat hands-free untuk menyiasatinya. Namun tetap saja, perhatian Anda berpusat pada pembicaraan, bukan jalan yang dilalui.

Kebiasaan menggunakan ponsel dalam bentuk apapun ketika mengemudi sudah seharusnya dihentikan karena membahayakan diri dan penumpang. Selain itu, sudah ada peraturan yang menyebutkan tentang larangan menggunakan ponsel selama mengemudi.

Peraturan tersebut tercantum dalam Undang-Undang No. 22 tahun 2009 tentang Lalu-Lintas dan Angkutan Jalan, tepatnya pada Pasal 106 yang menyatakan bahwa setiap pengemudi mewajibkan berkendara dengan wajar dan penuh konsentrasi. Bagi pelanggar, hukumannya cukup berat, yakni pidana selama 3 bulan dan denda paling banyak 750.000.

JIKA MENGANTUK, SEGERA MENEPI
Mengantuk adalah salah satu penyebab terbesar terjadinya kecelakaan di jalan raya. Faktanya, ketika mengantuk, risiko kecelakaan meningkat hingga 4 kali lipat. Mungkin Anda sering mengatasinya dengan mengonsumsi kopi atau mengunyah permen. Hal ini memang efektif, namun tubuh Anda tetap akan merasa lelah. Tahukah bahwa mengantuk adalah salah satu tanda tubuh merasa kelelahan? Cara efektif dalam mengatasi kantuk adalah tidur. Menepilah dan tidur selama beberapa menit agar setelah terbangun Anda merasa lebih segar dan bisa lebih fokus.

BATASI JUMLAH PENUMPANG
Semakin banyak jumlah penumpang, maka semakin banyak gangguan yang terjadi di dalam kabin mobil. Setiap penumpang memiliki aktivitas sendiri-sendiri yang tentunya tidak bisa Anda kontrol. Bagi pengendara pemula, semakin banyak jumlah penumpang akan membuatnya sulit untuk fokus. Sering kali mereka lebih fokus terhadap percakapan dengan teman yang berada dalam mobil sehingga mengabaikan kondisi jalan. Oleh karena itu, bila Anda merupakan pengendara pemula, batasilah orang yang menumpang di mobil Anda.

JANGAN MAKAN SELAGI MENGEMUDI
Kondisi buru-buru berangkat kerja mungkin membuat Anda tidak sempat untuk sarapan. Akibatnya, Anda jadi sarapan di dalam mobil saat berkendara. Mungkin memang benar bahwa hal ini akan mempersingkat waktu. Namun tetap saja, hal ini akan membuat Anda kurang perhatian dengan kondisi jalan dan pengemudi lain di sekitar Anda. Belum lagi bila ada makanan tumpah yang bakal jadi sumber malapetaka Anda di jalan raya. Panik ingin membersihkannya, akibanya Anda tidak tahu kondisi depan jalan.

HINDARI AKTIVITAS MULTITASKING
Banyak orang yang melakukan beragam aktivitas selagi mengemudi mobil, seperti menelepon teman, mencari lagu yang enak di radio, bahkan mengetik sms di ponsel. Jangan lakukan hal tersebut. Tetaplah fokus dengan jalan. Lakukan aktivitas-aktivitas yang menyita perhatian ketika Anda sedang menepi.

Itulah beberapa cara terbaik untuk mempertahankan fokus selama mengemudi di jalan raya. Yang terpenting adalah tangan Anda tidak boleh terlepas dari setir yang terkadang dilakukan para pengendara mobil. Dengan menggunakan mobil  Nissan March yang dilengkapi fitur Steering Switch Audio Control, hal tersebut mampu mengatur sistem audio di dalam mobil tanpa harus melepas tangan Anda dari setir. Dengan begitu, fokus Anda mengemudikan mobil tetap terjaga dengan baik.

Ditambah dengan fitur Multi Information Display, yakni sebuah fitur informatif dengan menu Trip Information, Intelligent Fuel Sensor, Rest Reminder, hingga Birthday & Anniversary Reminder dalam satu perangkat. Anda pun tidak perlu lagi menggenggam ponsel Anda untuk mengingat jadwal-jadwal penting Anda dengan keluarga. Jadi Anda tetap akan fokus di jalan dan tetap tak melewatkan jadwal penting Anda.






[Sumber]
Share on Google Plus

About sewa mobil semarang lmj

0 komentar:

Posting Komentar