Jangan Sering Parkir Di Tempat Terbuka


Mobil Anda sudah dilengkapi sunroof atau moonroof? Perhatikan hal-hal berikut ini ya!

Beruntunglah Anda jika mobil Anda sudah dilengkapi sunroof atau moonroof, selain lebih mewah tentu saja terlihat lebih gaya.

Tapi apakah Anda tahu bagaimana cara merawat piranti yang dipasang di atap mobil ini agar tetap awet dan berfungsi normal setiap waktu?

"Sebenarnya perawatan sunroof atau moonroof itu tidak sulit, intinya adalah kalau mobil Anda pakai sunroof atau moonroof jangan sering dijemur terkena panas dan hujan diluar," ujar Sartono, Technical Leader Auto 2000 Bintaro.

Apa yang akan terjadi kalau sering terjemur? "Jika sering dijemur terkena panas hujan bisa menyebabkan karet frame kaca sunroofnya akan jadi getas, kalau getas akan jadi masalah nantinya," bilang Sartono.

Selain itu, "Jangan lupa setiap habis dicuci harus di lap sampai benar-benar kering, dan kalau ada kompresor angin di rumah sekeliling frame sunroof itu ditiup menggunakan angin dari kompresor," tambahnya.

Kemudian jika saat sunroof dalam posisi 'tilt' atau terbuka ke atas dan akan menutup terdengar bunyi seperti gesekan karet dengan plat yang cukup jelas menghilangkannya mudah.

"Di sepanjang karet kaca sunroof olesi saja pakai oli mesin, pasti bunyinya hilang," tuturnya.

Kemudian, "Pada saat hendak menutup sunroof atau moonroof pastikan kondisi sepanjang relnya bersih, tidak ada kotoran yang bisa membuat proses buka tutup sunroof jadi berat…kadang kala ada serpihan daun atau ranting halus suka terselip," ucapnya.

Selain itu jika proses buka tutupnya terlihat berat Anda bisa menyemprotkan cairan penetran seperti WD40 di sepanjang relnya agar lancar lagi, "Lakukan setidaknya tiga bulan sekali," tambahnya.



[toyota.astra.co.id]
Share on Google Plus

About semarang rentcar

0 komentar:

Posting Komentar