Ini Alasan Pentingnya Merawat AC Secara Berkala


Tidak hanya mesin saja yang harus di servis berkala, AC pun patut mendapatkan perawatan yang sama

Sebagai ‘penghuni’ negara yang beriklim tropis, cuaca yang cenderung panas dan lembab sudah menjadi hal yang tidak aneh untuk kita.

Untuk mengakali cuaca seperti itu, AC jelas mutlak diperlukan baik di mobil maupun di rumah. Coba bayangkan kalau tidak ada AC atau AC mobil rusak? Waduh...

Setiap hari kita berkendara mengantar keluarga, pergi kerja, dan lain sebagainya.

Selama berkendara, kita menyalakan AC untuk membantu mendinginkan kabin mobil.

Nyaman? Pasti. Suasana jalanan yang panas dan penuh polusi seakan-akan hilang begitu saja.

Namun pernah terbayangkan oleh Anda jika tiba-tiba AC mobil Anda rusak? Dalam waktu sekejap saja tubuh Anda akan dipenuhi keringat yang akan membuat perjalanan jadi tidak nyaman.

Ada baiknya Anda harus tahu sedikit banyak bagaimana cara AC mobil bekerja. Namun yang penting, bagaimana caranya agar AC kendaraan kita tetap awet dan terjaga agar bisa bekerja dengan baik.

Cara kerja AC mobil hampir sama dengan AC rumah, dimana sistem bekerja untuk membuang panas berlebih dari dalam ruangan kabin kendaraan.

Bedanya, kalau di AC rumah disebut unit indoor dan outdoor, kalau di dalam AC mobil namanya evaporator dan condenser.

Lalu, bagaimana caranya agar AC mobil tetap awet? Kuncinya ada di perawatan berkala.

AC rumah saja dibersihkan setiap 3 sampai 6 bulan sekali agar tetap prima, apalagi AC mobil yang ‘bekerja’ di lingkungan yang udaranya lebih kotor.

Bisa dibayangkan kalau tidak dirawat secara teratur? Tentu umurnya akan berkurang dan kerjanya tidak optimal.

Jadi jawabannya adalah perawatan berkala. Setiap 6 bulan sekali bersihkan AC mobil di bengkel spesialis AC mobil.

Di bengkel resmi akan dilakukan penggantian filter udara kabin, pembersihan dan perawatan sistem, serta penggantian komponen apabila dibutuhkan.

Sama seperti perawatan berkala mesin di bengkel resmi, perawatan berkala AC dilakukan setiap 6 bulan sekali atau setiap 10.000 km.

Hal termudah untuk melakukan perawatan sendiri, Anda dapat mengganti filter kabin setiap 6 bulan sekali, membersihkan condensor setiap 3 bulan sekali atau ketika Anda mencuci mobil.

Yang perlu diperhatikan adalah agar semprotan air yang digunakan tidak boleh terlalu keras karena berpotensi untuk merusak fin (kisi-kisi) condenser, dan bahkan menyebabkan kebocoran.

Mudah kan?



[toyota.astra.co.id]
Share on Google Plus

About semarang rentcar

0 komentar:

Posting Komentar