Ikuti Tips Ini, Mobil Dijamin Irit Bahan Bakar


Kebutuhan mobilitas pengendara mobil di Indonesia terus meningkat, khususnya saat libur panjang di akhir pekan. Umumnya, masyarakat memilih menghabiskan waktu bersama keluarga dan orang terdekat dengan kendaraan kesayangan.

Agar perjalanan lebih menyenangkan dan tidak perlu sering mampir mengisi bensin, Chevrolet Indonesia berbagi tips menghemat bahan bakar.

Hal pertama yang harus dilakukan ialah menyetel ulang mesin. Menurut US Environmental Protection Agency (EPA), perawatan mesin secara rutin dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar hingga empat persen.

Jangan lupa periksa tekanan angin pada ban, karena hal ini bisa menghemat bahan bakar hingga 3,3 persen. Selanjutnya, pastikan saringan udara dalam keadaan bersih, karena komponen itu berdampak pada 14 persen penggunaan BBM.

Mengingat minyak pelumas mampu mengurangi gesekan saat mesin bekerja keras, penggunaan pelumas yang direkomendasikan oleh pabrik mampu menambah efisiensi bahan bakar.

Periksa tutup tangki bensin. Hal ini terdengar sepele, tapi tutup tangki yang longgar atau kurang pas dapat menyebabkan bahan bakar menguap.

Meskipun pemakaian pelek ukuran besar serta ban tipis mampu mempercantik tampilan kendaraan, namun hal tersebut dapat meningkatkan konsumsi BBM.

Perhatikan bawaaan Anda, karena rak atap yang padat mampu membuat kinerja mesin lebih berat dan membuat bahan bakar lebih boros.

Penggunaan penyejuk udara kabin mengurangi efisiensi bahan bakar hingga 10 persen. Jika suhu luar ruangan memungkinkan, pertimbangkan untuk mematikannya.

Saat mengemudi dengan transmisi manual, gunakanlah gigi tertinggi jika memungkinkan, untuk menjaga putaran mesin tetap rendah. Karena, putaran mesin sangat berpengaruh pada BBM.

Jika kendaraan anda dilengkapi dengan cruise control, gunakanlah teknologi itu, terutama di jalan tol. Cruise control mencegah kecepatan berlebihan dan membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar melalui akselerasi dan deselerasi lembut.



[viva.co.id]
Share on Google Plus

About semarang rentcar

0 komentar:

Posting Komentar