Ketahui Waktu yang Tepat untuk Nyalakan Lampu Sein


Lampu sein merupakan alat komunikasi antar pengendara mobil dan motor yang digunakan saat berada di jalan. Lampu sein memiliki fungsi yang sangat penting ketika berkendara. Namun, masih banyak pengendara yang tidak tahu waktu yang tepat dalam menggunakan lampu sein. Padahal, lampu sein harus digunakan pada waktu yang tepat demi mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Lampu sein harus dinyalakan dalam jarak 10 – 20 meter (tergantung kecepatan) atau 3 detik sebelum melakukan perpindahan jalur atau berbelok. Hal ini berlaku baik bagi mobil atau sepeda motor serta kendaraan bermotor lainnya.

Jarak tersebut adalah jarak aman untuk melakukan perubahan jalur atau berbelok. Sebelumnya, Anda harus sudah siap memposisikan lajur kendaraan ke arah yang di tuju baru Anda bisa menyalakan lampu sein. Hal ini dikarenakan pengendara yang berada dibelakang memiliki jangka waktu sekitar 1-2 detik untuk melihat lampu sein dan kemudian mengurangi kecepatannya.

Pentingnya waktu yang tepat untuk menyalakan sein dapat membantu pengendara lain mengantisipasi hal tak terduga yang berada disekitar Anda. Ada waktu untuk melihat keadaan sekitar melalui spion sebelum Anda merubah haluan, dan juga antisipasi apabila sebelum berbelok ada pengendara lain dari arah yang tidak terlihat.

Utamakan keselamatan Anda dan orang lain selama berkendara. Jangan sekali-kali merubah haluan kendaraan secara mendadak atau bahkan tidak menyalakan lampu sein sama sekali. Tidak menyalakan lampu sein ketika berbelok memiliki potensi kecelakaan yang tinggi dan dapat memicu terjadinya kemacetan.


[ayoselamat.org]



Dapatkan informasi menarik seputar Indonesia hanya di IndonesiaTangguh.com.
Share on Google Plus

About semarang rentcar

0 komentar:

Posting Komentar