Coffeepedia, Tentang Kopi Klasik dan Modern


Saat ini banyak sekali kedai atau kafe kopi yang menawarkan berbagai jenis dan citarasa kopi olahan, seperti cappucino, espresso, luwak, dan lainnya. Untuk mendapatkan manfaat yang baik dari kopi, tentunya juga dengan pengolahan kopi yang baik juga. Teknik membuat kopi secara umum di bagi menjadi 2 yaitu menggunakan Mesin Kopi dan Manual Brewing. Mesin Kopi adalah teknik menyeduh kopi menggunakan mesin yang sudah sangat presisi dari pabrik dan harus di operasikan oleh manusia / barista, sedangkan Manual Brewing adalah teknik menyeduh kopi menggunakan alat secara manual yang harus dioperasikan oleh manusia / barista.

Sementara dalam teknik manual brewing sendiri ada 2 teknik berbeda, yaitu V60 (Pour Over); teknik klasik asal jepang yang membutuhkan proses yang sangat detail agar mendapatkan karakter rasa, aroma dari biji kopi tersebut, serta Mokapot; alat manual brewing yang biasanya digunakan untuk membuat espresso dengan system kerjanya dengan memanfaatkan tekanan uap air yang dihasilkan dari proses pemanasan air pada chamber, seperti dijelaskan Gagak – Barista AtoZ dalam Coaching Clinic tentang Kopi Klasik dan Modern di AtoZ Resto, GajahmungkurSemarang, pada Jumat 19 Januari 2018.

Pada kesempatan kali itu juga Gagak menerangkan cara membuat Kopi Klasik berupa Coffee Floress Honey dan XP Coffee AtoZ Dark Roast, serta Kopi Modern berupa AtoZ Affogato, Orange Coffee Soda, Ice Coffelatoz, dan Pandanus Latte.


Aneka olahan kopi tersebut sekaligus menjadi menu kopi terbaru di AtoZ dengan harga mulai dari 25 ribu hingga 35 ribu. Menu “Coffeepedia” ini tersedia setiap hari mulai pukul 11.00 – 01.00 pada saat weekdays dan 11.00 – 02.00, seperti diterangkan Namira Fanessa – Marcomm Manager AtoZ Semarang.




[seputarsemarang.com]
Share on Google Plus

About semarang rentcar

0 komentar:

Posting Komentar