Kebiasaan Buruk Bisa Membuat Mobil Cepat Rusak, Apa Saja?


Setiap orang memiliki kebiasaan tersendiri saat mengendarai mobil. Selain kebiasaan yang baik, ada juga kebiasaan buruk yang dilakukan secara terus menerus oleh pengemudi sehingga merusakkan mobil.


1. Jarang melakukan servis

Mobil yang bagus memiliki berbagai komponen mobil yang normal pula terutama pada bagian mesin mobil yang mendukung kelistrikan penuh. Agar komponen mobil tidak cepat rusak maka jangan menunda waktu untuk melakukan servis.

Melakukan servis secara rutin sangat diperlukan agar kondisi mobil dapat terpanta. Apabila ternyata ditemukan malfungsi dari bagian mobil, maka dengan mudah akan dapat segera diatasi.

Dengan melakukan servis ini, area-area yang perlu dibersihkan dari kotoran akan terlihat. Termasuk pula, dalam paket servis mobil biasanya penggantian oli dilakukan tanpa harus menunggu bagian mobil ada yang rusak terlebih dahulu.


2. Sering mengabaikan peringatan otomatis 

Beberap jenis mobil terbaru saat ini sudah dilengkapi dengan teknologi- teknologi canggih dan salah satunya bisa mendeteksi masalah internal di mobil. Jika peringatan tersebut muncul maka Anda segera mengeceknya di bengkel langganan Anda, karena peringatan tersebut merupakan masalah serius yang bisa merusak mobil.


3. Pindah gigi secara sembarangan

Agar mobil awet selain memperhatikan dua hal diatas yang tidak kalah pentingnya lagi adalah pengolahan terhadap transmisi mobil. Pengguna harus melakukan pelatihan khusus dalam mengolah transmisi atau gigi mobil, karena perubahan gigi atau transmisi perlu dilakukan secara benar dan tepat, misalnya melakukan pengalihan transmisi dengan menginjak pedal kopling dan sebagainya. Dalam hal ini, agar mobil bisa awet transmisi perlu digunakan secara benar.


4. Menginjak rem mendadak dan terbiasa tancap gas langsung tinggi

Hal yang bisa membuat mobil cepat rusak berikutnya adalah seringnya melakukan pengereman mendadak. Jika hal ini secara terus menerus Anda lakukan maka akan mengakibatkan rem cepat aus. Sementara itu, dengan terbiasa melakukan tancap pedal gas langsung tinggi juga kurang baik apalagi ketika mobil mulai berangkat atau berjalan. Dengan begitu/ Apalagi penggunaan bahan bakar juga akan lebih boros.


5. Kurang memperhatikan kondisi ban

Untuk menjaga performa mobil agar nyaman saat dikendarai salah satunya adalah memperhatikan kondisi ban. Jika kurang dalam memperhatikan kondisi ban maka Anda bisa mengalami bahaya saat berkendara. Dimana kalau ban dipakai adalah ban gundul berarti saat pengereman dengan mendesak menyebab sangat mudah terguling, khususnya di jalan licin/tanjak.

Itulah lima kebiasaan buruk saat mengemudi mobil yang sering tidak diperhatikan oleh pengemudi. Hal ini mengakibatkan performa mobil akan berkurang, bahkan mobil tersebut kurang nyaman dikendarai.




[cintamobil.com]
Share on Google Plus

About semarang rentcar

0 komentar:

Posting Komentar