Gurihnya Lumpia Gang Lombok Semarang Bikin Kangen


Semarang disebut sebagai Kota Lumpia karena memiliki kuliner khas bernama lumpia. Lumpia Semarang berisi rebung yang dicampur dengan telur, daging ayam atau udang. Biasanya disajikan dengan saus dalam keadaan masih hangat. Wuih, rasanya pasti gurih dan lezat. Sangat cocok untuk oleh-oleh bagi Anda yang kebetulan melancong di Kota Semarang.

Bicara soal lumpia Semarang, tak lepas dari sebuah kios yang berada di Gang Lombok No 11 Kawasan Pecinan Kota Semarang. Letaknya berada tepat di samping Kelenteng Tay Kak Sie. Ya, di sinilah cerita tentang lumpia yang melegenda itu. Lumpia Gang Lombok sudah buka sejak puluhan tahun yang lalu.

Kini, kios yang berukuran sekitar 6 x 3 meter itu dikelola oleh Untung Usodo (54), generasi keempat yang melanjutkan usaha lumpia milik keluarga. Meski kiosnya terlihat kecil, saban hari mampu menjual hingga 1.000 biji lumpia.

Untung tak tahu persis kapan usaha Lumpia Gang Lombok dimulai. Setahu dia, sudah hampir 100 tahun.  Dia hanya melanjutkan usaha dari ayahnya, Siem Swie Kiem (Purnomo Usodo) sejak lima tahun yang lalu.

Meski usaha Lumpia Gang Lombok sudah berjalan puluhan tahun, cita rasanya masih terjaga baik. Lumpia berisi kombinasi rebung, udang dam telur itu kian diminati masyarakat luas. Penggemarnya tak hanya dari dalam kota, tetapi juga para pelancong dari berbagai daerah.

Kios Lumpia Gang Lombok biasa buka mulai pukul 08.00 hingga 17.00 Wib. Terkadang, jika sudah habis bisa tutup lebih awal.







[direktorijateng.com]
Share on Google Plus

About semarang rentcar

0 komentar:

Posting Komentar