Ini Perbedaan Pertalite, Premium, Pertamax dan Pertamax Plus

Apalagi jika Anda mengetahui selisih harga yang tidak begitu jauh dari premium dan juga pertamax. Saat ini Pertalite resmi telah dijual di ratusan Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) dengan harga promo Rp 8.400 per liter.

Harga Pertalite memang diposisikan di antara premium dan juga pertamax. Beberapa orang yang memperhitungkan harga akan memilih bahan bakar yang paling murah.

Namun jika Anda juga memperhitungkan kualitas bahan bakar guna memaksimalkan performa kendaraan Anda, simak ulasan mengenai karakteristik beberapa jenis bahan bakar minyak yang disediakan Pertamina berikut ini Otolovers.

Premium yang lebih dikenal dengan nama bensin ini memiliki reach octan number (RON) 88. Nilai ini termasuk paling rendah dari pada Pertalite, Pertamax dan juga Pertamax Plus. Sebagai BBM dengan nilai oktan paling rendah, Premium memiliki beberapa kekurangan:

Premium saat berada di dalam mesin memiliki kecenderungan berdenotasi dari pada bahan bakar lain seperti pertalite dan juga Pertamax ataupun Pertamax Plus. Nilai RON pada Premium yang terbilang rendah membuat intensitas denotasi atau knocking lebih tinggi. Premium saat di dalam mesin akan terbakar dan meledak tidak sesuai gerakan piston. Dengan kata lain, knocking pada Premium menyebabkan tenaga mesin berkurang sehingga menyebabkan pemborosan.

Dari segi perawatan mesin, knocking yang terjadi terus menerus akan mengakibatkan kerusakan pada piston mesin. Sehingga piston harus diganti pada kurun waktu tertentu.

Hasil pembakaran pada mesin yang menggunakan Premium, gas buang di dalamnya terkandung gas NOX dan CoX dalam jumlah besar. Gas Carbon Oniksida (COx)  dan Niterogen Oksida (NOx) adalah hasil pada pencampuran gas CO2 dan aditif yang berasal dari bahan bakar besin.

Awal kemunculan Pertamax adalah sebagai pengganti Premix pada tahun 1999. Posisi Premix diganti dengan Pertamax setelah ditemukan kandungan MTBE yang ternyata sangat berbahaya bagi lingkungan Otolovers. Kendaraan yang berteknologi injeksi sangat dianjurkan menggunakan bahan bakar jenis ini Otolovers.

Meskipun harga yang dibandrol untuk Pertamax lebih tinggi, bagi mereka yang mengutamakan performa mesin akan memilih Pertamax untuk meningkatkannya. Selain itu dapat menjaga kondisi injector kendaraan Anda yang berteknologi injeksi. Meskipun sedikit lebih mahal, Pertamax memiliki beberapa kelebihan di antaranya:

Nilai RON yang dimiliki oleh Pertamax lebih tinggi daripada Premium yaitu 92.

RON yang mencapai nilai di atas 90 memiliki tingkat denotasi atau knocking yang cenderung stabil. Sehingga pembakaran pada mesin lebih maksimal dan kerusakan pada mesin dapat lebih ditekan.

Hasil pembakaran pada mesin yang menggunakan Pertamax, kandungan gas NOX dan CoX sangat sedikit jika dibandingkan dengan Premium.

Pertamax Plus merupakan bahan bakar kualitas premium yang telah memenuhi standar performa International World Wide Fuel Charter (IWWFC). Harga yang ditawarkan Pertamax Plus cukup tinggi Otolovers, namun kelebihannya juga bisa Anda rasakan.

Nilai RON yang dimiliki Pertamax Plus lebih tinggi dari Pertamax, yaitu 95.

RON setinggi Pertamax Plus dapat menghasilkan pembakaran yang lebih optimal daripada Pertamax. Jika dibandingkan dengan Premium, nilai RON Pertamax Plus jauh lebih tinggi.

Bahan bakar beroktan rendah seperti Premium cenderung meninggalkan kotoran yang dapat menyumbat injektor kendaraan Anda. Namun dengan penggunaan Pertamax Plus, Anda dapat membersihkan timbunan deposit atau kotoran pada bagian injektor kendaraan Anda. bersihnya injektor dan dapur mesin, performa kendaraan Anda akan semakin Meningkat Otolovers. Selain itu Pertamax Plus juga dapat melarutkan air di dalam tangki kendaraan Anda, sehingga mencegah karat dan korosi pada saluran dan tangki bahan bakar.

Kadar NOX dan CoX yang dihasilkan jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan bahan bakar jenis lain.

Pertalite pertama kali dipasarkan sejak tanggal 24 Juli lalu namun hanya di beberapa SPBU saja Otolovers. Setelah adanya penundaan, akhirnya Pertamina mendapat lampu hijau dari Dirjen Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Pertalite memiliki nilai RON tidak jauh dari Pertamax dengan harga yang tidak jauh dari Premium, sehingga dapat dijadikan pilihan bahan bakar Anda Otolovers. Simak kelebihan Pertalite berikut ini:

Nilai RON yang dimiliki Pertalite sebesar 90, dua tingkat lebih tinggi daripada Premium.

RON yang telah mencapai angka 90 dapat menstabilkan knocking mesin sehingga pembakaran lebih optimal Otolovers.

Harga yang ditawarkan lebih murah dari Pertamax, dengan hasil bakar yang lebih optimal jika dibandingkan dengan Premium.
Sumber : www.otosia.com
Share on Google Plus

About semarang rentcar

0 komentar:

Posting Komentar