Ini Kelebihan dan Keuntungan Pertamax dibanding Premium

Sejumlah pengguna kendaraan beralih ke Pertamax setelah harga bbm jenis bensin atau premium naik menjadi Rp8.500 perliter. Meski harga premium dan pertamax memiliki selisih Rp1.700, namun terdapat keuntungan bagi kendaraan. Harga Pertamax Rp10.200 perliter dan Pertamax Plus Rp12.700 per liter.

Sebenarnya pertamax dibuat pada tahun 1999 menggantikan bbm jenis premix 98. Saat itu premix mengandung unsur MTBE yang katanya berbahaya bagi lingkungan. Pertamax merupakan bahan bakar tanpa Timbal dengan kualitas tinggi. Apalagi jenis Pertamax Plus.

Pertamax mengandung zat aditif untuk membersihkan ruang bakar dan Intake Valve Port Fuel Injector. Sehingga sistem injektor bahan bakar tidak cepat tersumbat oleh kotoran. Pertamax memiliki oktan tinggi yaitu RON 92 (Research Octane Number), sehingga cocok untuk mesin dengan perbandingan kompresi yang tinggi. Sementara premium memiliki angka oktan 88.

Pertamax akan lebih mudah melakukan pembakaran dibanding premium. Hal ini akan memberikan dorongan mesin lebih responsif bertenaga dan bebas ngelitik. Tan timbal atau logam berat lain membuat pertamax menghasilkan gas buang yang lebih ramah lingkungan dan lebih aman bagi kesehatan manusia. Pertamax tanpa timbal ini juga menjaga ruang bakar dari deposit yang bisa menurunkan performa mesin.

Jika menggunakan pertamax untuk mesin kendaraan yang sebenarnya tidak dianjurkan menggunakan pertamax malah lebih bagus. Performa mesin akan meningkat, karena nilai oktan pertamax jauh lebih tinggi dari premium. Oktan yang tinggi pada pertamax membuat pembakaran menjadi lebih sempurna.
Share on Google Plus

About semarang rentcar

0 komentar:

Posting Komentar