Tips Mengatasi Ngantuk Saat Mengemudi

Kondisi tubuh pada saat mengemudi sangat penting untuk keselamatan pengemudi, penumpang, dan pengendara lainnya. Kondisi tubuh yang ngantuk atau sedang tidak fit karena sakit atau bekerja seharian menjadi salah satu penyebab kecelakaan di jalan raya. Banyak pengemudi yang menganggap “sepele” hal ini. Mereka mengabaikan rasa kantuk dan tetap memaksakan diri untuk mengemudikan kendaraannya. Sedangkan pada saat mengemudi dibutuhkan konsentrasi pandangan fokus ke jalanan. Jika anda ngantuk sehingga lengah atau hingga tertidur sejenak saja kendaraan anda dapat tidak terkendali, yang dapat berakibat pada kecelakaan yang merugikan anda sendiri maupun dapat merugikan orang lain.

Persiapan sebelum mengemudi

1. Syarat mutlak untuk mengemudi adalah badan yang fit. Jika anda dalam keadaan ngantuk, pusing, atau kurang sehat sebaiknya jangan memaksakan diri untuk mengemudi. Dengan keadaan fit maka tubuh anda tidak mudah merasa ngantuk.

2. Sebelum melakukan aktivitas mengemudi, sebaiknya anda mandi atau mencuci muka untuk menyegarkan badan. Setelah itu, berikan tubuh anda asupan gizi yang cukup. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat. Hal tersebut  dapat memicu ngantuk karena karbohidrat yang dicerna tubuh menghasilkan niacin yang memproduksi serotonin yang akan merangsang otak memberikan rasa nyaman dan ngantuk pada tubuh.

3. Bawalah bekal dalam perjalanan.  Sebaiknya anda membawa buah atau coklat dan air mineral. Vitamin, antioksidan dan mineral dalam buah dan coklat menyegarkan otot-otot dan menguatkan syaraf motorik dan sensorik dalam tubuh. Sedangkan air mineral dapat menyegarkan tubuh dan meningkatkan konsentrasi.

images

4. Sebelum berangkat, mulailah perjalanan anda dengan berdoa terlebih dahulu agar perjalanan anda dilancarkan dan dilindungi yang maha Kuasa hingga anda selamat sampai tempat tujuan.

Dalam perjalanan

5. Menyetirlah dalam posisi duduk yang agak tegak agar anda lebih fokus saat mengemudi. Gunakan sabuk pengaman untuk keselamatan anda.

Posisi-Mengemudi-Yang-Benar

6. Jika melakukan perjalanan jauh, sangat disarankan berhenti di restarea atau tempat yang aman (restoran, pom bensin) setiap berkendara 2,5 – 3 jam. Keluar dari mobil anda, lakukan peregangan otot-otot yang kaku dan pegal. Hirup udara segar di luar mobil anda. Cara ini membuat peredarah darah kembali lancar sehingga anda dapat berkonsentrasi kembali mengemudi mobil anda.

7. Jika pada saat diperjalanan anda mengantuk maka minumlah air mineral dan makan bekal yang sudah anda siapkan. Mengkonsumsi makanan dan air dapat memberikan nutrisi bagi tubuh, menyegarkan, dan melancarkan sirkulasi darah.

8. Regangkan sabuk pengaman anda agar anda dapat bernafas dengan baik. Matikan AC mobil anda, lalu buka kaca sehingga udara masuk ke kabin mobil anda. Pertukaran udara dalam kabin membantu menyegarkan tubuh anda. Gunakan teknik pernafasan tarik nafas yang dalam dan hembuskan perlahan.

9. Dengarkan musik dengan volume sedang dengan irama yang energik seperti lagu rock atau pop atau lagu kesukaan anda. Ikutlah bernyanyi untuk meningkatkan kesadaran dan konsentrasi anda.

10. Jika memungkinkan bertukar mengemudi dengan orang lain.

11. Jika rasa ngantuk tidak tertahankan dan tidak ada orang lain yang menggantikan menyetir maka,  sebaiknya anda mencari tempat yang aman untuk menepi dan berhenti sejenak. Lalu beristirahat 20-30 menit. Setelah bangun anda dapat mengkonsumsi kopi agar tubuh kembali segar. Bila rasa ngantuk sudah benar-benar hilang, anda dapat melanjutkan perjalanan.
Share on Google Plus

About semarang rentcar

0 komentar:

Posting Komentar