Tips Berkendara Irit Saat Harga BBM Naik

Rental Mobil Semarang Mulai Rp 175 ribu - 02470165523, 081390339313, 08156599124, 081901657313, 088802533313  
Sewa Mobil Semarang - Salah satu cara untuk menghadapi kenaikkan ini adalah dengan mengemudi secara hemat (Eco Driving) agar konsumsi BBM mobil tidak terlampau tinggi.

1. Manajemen Waktu Hindari Kemacetan
Kemacetan merupakan musuh utama dalam upaya Eco Driving. Atur sedemikian rupa waktu berkendara Anda agar tidak terjebak kemacetan dengan mengenali waktu serta posisi titik kemacetan.

2. Tinggalkan Barang-Barang Di Rumah
Bobot berpengaruh terhadap tenaga yang dibutuhkan kendaraan. BBM yang perlu diolah pun akan naik. Tinggalkan barang yang tidak dibutuhkan untuk berkendara di dalam kota. Beban lebih banyak 45kg saja sudah mengurangi efisiensi bahan bakar hingga 2 persen. Terlebih pada kendaraan kecil.

3. Rawat Kendaraan & Cek Tekanan Angin
Mesin dalam kondisi sehaat akan lebih prima dalam menciptakan efisiensi bahan bakar. Selalu lakukan pengecekkan dan perawatan rutin. Jaga juga tekanan angin dalam kondisi yang dianjurkan pabrikan dengan mengecek setiap sebelum melakukan perjalanan.

4. Maksimalkan fitur
MID, Cruise Control, Eco Mode, Eco Indicator, adalah beberapa fitur yang bisa membantu Anda dalam menjaga kehematan bahan bakar. Pahami parameter di MID dan latih diri Anda untuk menciptakan karakter mengemudi yang hemat. Nyalakan Eco Indicator, dan Eco Mode, untuk membantu Anda menghemat konsumsi BBM. Gunakan Cruise Control ketika melaju konstan. Fitur ini membantu menetapkan putaran mesin yang lebih tepat pada kecepatan yang dibutuhkan.

5. Pindahkan Gigi Secara Gradual
Proses perpindahan gigi berpengaruh terhadap putaran mesin dan efisiensi bahan bakar. Kenali karakter mesin dan lakukan perpindahan gigi di RPM yang tepat. Jangan lakukan perpindahan di RPM yang terlalu rendah atau terlalu tinggi agar aliran BBM tak terbuang sia-sia.

6. Berkendara dengan Halus
Tak perlu menyalip-nyalip dan memijak gas secara tiba-tiba. Selain berbahaya, manuver-manuver secara mendadak hanya membuat aliran BBM tidak bekerja dengan konstan dan berpotensi enyebabkan naiknya konsumsi BBM.

7. Cruising & Coasting
Saat berkendara di jalan bebas hambatan, kendarai mobil dengan cara cruising yakni menjaga kecepatan konstan. Gunakan fitur cruise control bila mobil Anda memilikinya. Ketika sedang melaju di jalan menurun panjang, Anda bisa menerapkan coasting yakni membiarkan kendaraan mengalir tanpa menginjak pedal gas. Artinya lepaskan kaki dari pedal gas dan aliran BBM ke mesin pun akan terhenti. (Jangan pindahkan gigi ke posisi netral karena ini akan membuat mesin tetap berputar dan mengolah BBM).


Share on Google Plus

About semarang rentcar

0 komentar:

Posting Komentar