Tips Merencanakan Liburan Akhir Tahun: Budget Aman, Berlibur Nyaman

Rental Mobil Semarang Mulai Rp 175 ribu - 02470165523, 081390339313, 08156599124, 081901657313, 088802533313  
Sewa Mobil Semarang - Liburan akhir tahun biasanya menjadi acara yang ditunggu-tunggu, apalagi jika Anda memang rutin melakukannya di penghujung tahun. Namun perlu diingat jliburan pada peak season bisa menguras banyak sekali pengeluaran jika tidak direncanakan dengan sebaik-baiknya. Tim MY Wealth sempat berbincang-bincang dengan para traveler berpengalaman mengenai tips dan trik dalam merencanakan liburan.

Rencanakan Tujuan Anda

Destinasi liburan, tentunya berpengaruh banyak dalam penyusunan budget liburan Anda.  Pelajari kalender baru untuk menentukan tanggal peak season bagi masing-masing tempat tujuan. Misalnya, Muty  yang memang gemar wisata bahari, akan menghindari bulan Mei-September dimana objek wisata diving biasanya sedang ramai-ramainya. Kalender hari raya juga perlu diperhatikan untuk beberapa objek wisata yang erat dengan kegiatan keagamaan.

Tujuan juga akan mempengaruhi perlu-tidaknya Anda mengurus visa. Menurut Vesta, biaya visa seringkali lupa diperhitungkan dalam anggaran liburan, padahal biaya yang mesti disiapkan untuk visa tidak bisa dibilang sedikit, apalagi jika Anda berwisata bersama keluarga. Jika budget liburan Anda terbatas, Anda bisa memilih tempat tujuan yang tidak memerlukan visa seperti negara-negara di Asia Tenggara dan beberapa negara di sekitarnya. Berlibur bersama anak-anak ? Jangan lupakan mempertimbangkan berbagai wahana liburan untuk anak-anak yang seringkali dikenakan biaya tambahan.

Transportasi dan Akomodasi

Dengan maraknya layanan penerbangan murah, biaya transportasi bisa Anda tekan dengan memesan jauh-jauh hari dan rajin memeriksa berbagai promo yang kini sudah banyak ditawarkan. Kini juga banyak kartu kredit yang menawarkan kemudahan bertransaksi untuk booking penerbangan dan hotel via internet.

Untuk  budget traveler seperti Muty, ia rajin mengecek situs penyedia akomodasi seperti www.hostelbookers.com. Sedangkan yang berlibur bersama keluarga tentunya lebih butuh perhatian ekstra, khususnya dalam akomodasi. Hanya bisa memesan satu kamar untuk menekan budget?  Tidak masalah, namun Vesta sangat menyarankan untuk tetap mengutamakan kenyamanan dengan memastikan bed size pada hotel yang dituju cukup nyaman untuk ditempati seluruh keluarga.

Anda juga dapat memanfaatkan jasa agen travel untuk memperoleh voucher hotel yang biasanya bisa jauh lebih murah daripada booking langsung pada hotel yang bersangkutan.

Kartu Kredit atau Tunai?

Kartu kredit tentu dapat membantu Anda dalam mewujudkan liburan Anda jika Anda menggunakannya dengan bijak. Untuk pemesanan maskapai dan hotel tentunya lebih praktis memanfaatkan kartu kredit, belum lagi beberapa promo yang seringkali dapat memberikan benefit lebih untuk Anda. Sebelum berlibur, tentunya pastikan jika kartu kredit Anda sedang terbebas dari berbagai tagihan.

Tips dari Vesta, untuk pemesanan awal Anda bisa menggunakan kartu kredit, namun untuk pelunasan hotel bisa menggunakan uang tunai supaya tidak terlalu membebani kartu kredit Anda.

Uang tunai bisa Anda persiapkan untuk biaya transportasi lokal serta uang saku/makan sehari-hari. Bagi yang memiliki tujuan keluar negeri, Anda disarankan banyak bertanya dan melakukan riset untuk menentukan uang saku minimal yang diperlukan per harinya, karena biaya hidup di tiap Negara berbeda.

Jika negara tujuan Anda sudah didukung dengan sistem transportasi publik yang bagus, biasanya sudah dilengkapi dengan alat pembayaran berupa kartu berlangganan sekali pakai. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda, apakah kartu dengan biaya flat-rate atau perlu isi ulang.  Tips dari Muty, banyak-banyaklah berkenalan dengan sesama turis atau bahkan personil hotel, biasanya mereka bisa memberikan insight untuk transportasi lokal dan berbagai wahana lokal menarik.

Untuk berbelanja, praktisnya Anda bisa menggunakan kartu kredit namun perlu digarisbawahi ini bukan berarti Anda bebas berbelanja, tidak mau kan hutang kartu kredit liburan akhir tahun Anda membebani anggaran keuangan Anda di awal tahun ?

All checklist done, what’s next?

Jika seluruh anggaran untuk tujuan, transportasi dan akomodasi sudah selesai disusun, ada hal terakhir yang perlu Anda pertimbangkan. Menurut Muty, kadang orang melupakan pentingnya asuransi perjalanan. Dalam penawaran maskapai penerbangan biasanya asuransi perjalanan ini sudah menjadi opsi. Beberapa kartu kredit pun sudah menyediakan asuransi perjalanan dengan limit tertentu. Paket yang ditawarkan pun bervariasi, mulai dari paket 1-5 hari, antara lain menanggung biaya sakit, kecelakaan, kehilangan bagasi, dan lain-lain. Pengurusan asuransi perjalanan relatif cepat, hanya 1-2 hari.

Pesatnya perkembangan informasi di internet serta tersebarnya berbagai komunitas travel di ranah media sosial memperluas opsi Anda dalam menentukan tujuan liburan Anda dan bagaimana Anda mencapainya.  Muty dan Vesta sepakat dalam satu hal, yakni jangan terlalu terpaku pada objek wisata yang sudah ada, be adventurous instead.

Dengan berbagai tips di atas, semoga membantu Anda merencanakan liburan akhir tahun yang menyenangkan. Selamat berlibur!
Share on Google Plus

About semarang rentcar

0 komentar:

Posting Komentar