Tips Aman Berkendara Dengan Mobil Saat Macet

Tips Aman Berkendara Dengan Mobil Saat Macet

Rental Mobil Semarang Mulai Rp 175 ribu - 02470165523, 081390339313, 08156599124, 081901657313, 088802533313  

Sewa Mobil Semarang - Volume mobil yang terus bertambah serta cuaca hujan berangin akhir-akhir ini menjadi salah satu penyebab kemacetan khususnya di kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta. Berikut tips aman berkendara dengan mobil saat terjebak macet.

1. Perhatikan jarak aman dengan mobil di depan kita sekitar 2-3 meter namun tetap menyesuaikan dengan kepadatan jalan. Atur jarak secara proporsional, khususnya pada bagian ban mobil di depan kita.

2. Jika mobil kita berada pada posisi macet dan bertemu dengan pertigaan tanpa lampu merah, maka jangan berhenti tepat di jalan pertigaan (entrance / junction) tersebut atau menutupi jalur pertigaan tersebut yang bisa menyebabkan kemacetan bertambah parah. Jalankan mobil jika memang jalur tersebut telah kosong.

3. Selalu waspada dengan kondisi di sekeliling mobil dengan selalu mengecek spion. Perhatikan para pejalan kakiserta kendaraan lain di kiri dan di kanan. Bersamaan dengan itu pastikan kontrol laju terkendali baik dari pengereman atau lajur kopling.

4. Gunakan rem tangan saat di tanjakan agar tidak tergelincir atau mobil bisa mundur. Pindah gigi satu dan lepaskan pedal kopling bersamaan dengan menginjak pedal gas secara perlahan.

5. Dahulukan pengendara lain yang ingin masuk jalan dari jalur lainnya (junction).

6. Agar irit BBM jagalah putaran mesin. Rata-rata mesin bensin bekerja optimal di putaran 2.500-3.500 rpm, tempat torsi maksimal berada. Aturlah perpindahan gigi supaya putaran mesin berada di angka itu.

7. Rencanakan rute perjalanan dan cari rute alternatif untuk menghindari kemacetan.

Secara sederhana, tips aman berkendara saat menghadapi kemacetan adalah sebagai berikut:
- Selalu mengecek spion kanan kiri dan arah belakang
- Tetap tenang dan jangan terburu-buru
- Jaga jarak aman dengan kendaraan sekitar kita
Share on Google Plus

About Unknown

0 komentar:

Posting Komentar