7 Cara Hindari Kantuk Saat Berkendara

7 Cara Hindari Kantuk Saat Berkendara

 Rental Mobil Semarang Mulai Rp 175 ribu - 02470165523, 081390339313, 08156599124, 081901657313, 088802533313  

Sewa Mobil Semarang  Kegiatan touring bersama komunitas maupun perorangan memang seru dilakukan. Ia memberi sensasi traveling yang jauh berbeda dengan via pesawat.

Tetapi ia juga punya musuh yang menakutkan, yaitu serangan kantuk. Ia pasti datang, tapi bagaimana supaya ia datang di waktu yang tepat?

Simak beberapa tip berikut agar badan tetap fit saat mengemudi:
  1. Pastikan tubuh terasa bugar sebelum berangkat. Lakukan apa yang dirasa mesti dilakukan. Misalnya, mandi atau mencuci muka sebelum berangkat (ini membuat Anda lebih segar), atau melakukan sedikit pemanasan. Yang belakangan bukan saja berfungsi meningkatkan kewaspadaan, melainkan juga membantu melemaskan otot-otot yang tegang.
  2. Isi perut Anda! Makan dan minumlah secukupnya sebelum mengemudi. Tetapi ingat, jangan meminum alkohol atau minuman yang bersifat merangsang adrenalin.
  3. Ketika berada di jalan, jangan biarkan diri Anda larut dalam lamunan atau memikirkan hal-hal lain. Fokuskan daya konsentrasi pada perjalanan yang Anda tempuh. Perhatikan kondisi jalan, lingkungan sekitar, dan tentu saja rambu-rambu lalu-lintas.
  4. Persiapkan diri dengan perbekalan. Taruh botol air minum Anda di lokasi yang mudah dijangkau. Jika Anda terpaksa makan, sebaiknya berhenti terlebih dahulu.
  5. Perhatikan pemakaian sabuk pengaman Anda. Jangan sampai ia terlalu kencang hingga mengganggu pernapasan Anda.
  6. Jika rasa kantuk tak tertahankan, segera menepi di tempat yang aman. Anda bisa mengunjungi rumah makan atau warung kopi (Anda boleh menyesap sedikit kopi panas). Dan lebih baik Anda mencuci muka lagi.
Tetapi sesungguhnya, cara paling efektif untuk memerangi kantuk adalah dengan meminum kopi, lalu tidur sebentar selama 15 menit, lalu. Cara itu lebih ampuh ketimbang, misalnya, mendinginkan udara, tidur sejenak, istirahat tanpa tidur, maupun meminum 200mg kopi seduh. Tidur selama 15 menit membantu menjernihkan otak dari kandungan adenosine, sementara kafein butuh waktu 20 menit untuk bisa memengaruhi secara psikologis
Share on Google Plus

About Unknown

0 komentar:

Posting Komentar